Rabu, 25 November 2009

REFEKSI SESUDAH LIMA TAHUN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI)*

Oleh

Yansen Marpaung **

Abstrak

Pendidikan Matematika Realistik Idonesia (PMRI) pertama kali diujicobakan secara terbatas pada akhir tahun 2001 di kelas I, II dan III di beberapa SD/Min di Jawa.
Pada tahun ajaran 2002/2003 PMRI diujicobakan secara lengkap di kelas I di 12 SD/MIN di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya, tahun 2003/2004 mulai diimplementasikan di kelas I, tahun 2004/2005 di kelas I dan II, tahun 2005/2006 di kelas I-III, tahun 2006/2007 di kelas I – IV dan diujicobakan lengkap di kelas V, tahun 2007/2008 dimplementasikan di kelas I-V dan diujicobakan lengkap di kelas VI di sekolah-sekolah tersebut. Sejak tahun 2003 mulai dilakukan sosialisasi dan diseminasi pada SD/MIN lain di berbagai daerah di Indonesia.
Sekarang sudah banyak sekolah yang melakukan ujicoba PMRI baik di Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Perluasan Implementasi PMRI di sekolah-sekolah dilaksanakan dengan pendekatan bottom-u pbukan dengan top-down.
Semester lalu, Pusat Studi Pembelajaran Matematika (PSPM) USD bekerja sama dengan P3G Matematika melakukan suatu penelitian untuk mengkaji proses pembelajaran dan dampaknya bagi siswa di 3 SD Non-PMRI dan 3 SD PMRI di Yogakarta. Penelitian dilakukan di kelas IV dan kelas V. Dalam kesempatan ini akan disajikan perbedaan prestasi siswa kelas IV dalam menyelesaiakan soal pilihan ganda dan strategi mereka dalam menyelesiakan suatu soal non-rutin. Siswa di SD Non-PMRI memilki prestasi yang lebih baik dari pada siswa PMRI dalam menjawab soal-soal pilihan ganda, tetapi dalam menyelesaikan soal non-ruin siswa-siswa di sekolah PMRI lebih unggul dari siswa Non-PMRI.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SELAMAT DATANG DI BLOG FORUM ILMIAH GURU KAB. BATANG

Alasan saya membuka blog ini , selain tugas saya sebagai sekbid.pengembangan profesi di Forum Ilmiah Guru adalah juga sebagai salah satu wahana untuk sharing komunikasi tentang kegiatan ilmiah guru yang berkaitan langsung dengan upaya peningkatan mutu pendidikan di kabupaten Batang. Mulai dari pembicaraan bagaimana pembelajaran berkualitas dilaksanakan, kegiatan MGMP dan Lesson Study, sampai pada bagaimana seharusnya guru membuat Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Baik berupa Artikel, Makalah, KTI, dan sebagainya. Dalam blog ini rencana akan saya sajikan semua Naskah PTK hasil LKTI pada kegiatan Forum Ilmiah Guru Tahun 2007 dan 2008. Demikian juga untuk kegiatan-kegiatan lain seperti Lomba Inovasi Pembelajaran, Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran, Lomba Pembelajaran Berbantuan Komputer, dan kegiatan-kegiatan lainnya baik yang di adakan Depdiknas, LPMP, ITSF, dan pihak-pihak penyandang dana penelitian/penggagas lomba lainnya. Saya optimis bahwa sangatlah mungkin guru-guru di kabupaten Batang nantinya mampu berkompetensi dalam kegiatan Ilmiah. Terbukti selama dua tahun mengadakan FIG, wakil dari Batang mampu menyumbang nama harun bagi Pemerintah Kab. Batang. Peserta dari Batang banyak yang memperoleh kejuaraan di tingkat Propinsi. Semua berkat kerja sama dan kinerja yang optimal dari guru dan pengurus FIG Kab. Batang. Trimakasih anda ikut berkarya, mari kita bangun Batang tercinta ini.