Abstrak
Matematika yang pada umumnaya dirasakan oleh para siswa sebagai pelajaran yang sulit dimengerti, sehingga banyak dari siswa yang
akan melanjutkan pendidikan lebih tinggi biasanya ingin mengetahui apakah ada matematikanya atau tidak. Pelajaran matematika bila diberi sejak awal dengan pemahaman yang baik akan mengakibatkan anak akan senang dengan matematika karena pada dasarnya semua orang itu bisa matematika. Matematika merupakan tolok ukur dari peningkatan mutu pendidikan bahkan merupakan juga tolok ukur kemajuan suatu bangsa seperti yang diutarakan oleh Roger Bacon ( 1214 – 1292 ) :
” Without mathematics the science cannot be understood, nor made clear, nor taught, nor learned. Mathematics is the door and key to the sciences “
Mutu pendidikan saat ini yang selalu mendapat sorotan tajam bahkan sering didiskusikan lewat media cetak maupun elektronik pada umumnya dinyatakan sebagai tidak adanya peningkatan bahkan yang terjadi adalah kemunduran, ini berarti pula mutu pendidikan matematika juga tidak ada peningkatan. Pengalaman saya sebagai tenaga pengajar matematika di PT masih menemukan adanya tamatan SMA yang tidak mengerti dasar-dasar matematka yang diberikan di SMP bahkan SD sekalipun. Masih adanya tamatan SMA yang masuk Fak Teknik yang tidak mengerti apa yang dinamakan garis tinggi dalam suatu segitiga bahkan tidak mengetahui berapa besar jumlah sudut dalam suatu segitiga. Masih adanya tamatan SMA yang tidak dapat menyelesaikan persamaan kuadrat bahkan persamaan derajat satu sekalipun, ada juga yang menulis di papan tulis :
atau Bagaimana mengatasi hal yang demikian ? Apakah system yang berlaku perlu diubah, apakah mutu gurunya perlu ditingkatkan, apakah kurrikulum atau buku perlu diubah atau karena dana pendidikan yang belum mencapai 20% dari anggaran pemerintah ? Kita tahu semua bahwa saat ini siswa senang akan teknologi komputer karena itu disinilah saatnya memanfaatkan teknologi komputer untuk suatu sarana pembelajaran.
Dengan adanya lab computer di sekolah saat ini sebenarnya sudah cukup untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang matematika, namun belum dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran matematika. Pemanfaatan lab komputer baru sebatas sebagai menulis dalam word atau powerpoint dan sebagainya dan belum dimanfaatkan sebagai pembelajaran matematika. Pada pembelajaran dengan komputer , kita hanya melakukan beberapa hal misalnya dengan menulis fungsi kita dapat melihat gambar, animasi, penyelesaian , rumus dan sebagainya. Kita juga dapat melihat jawaban bahkan penyelesaian lengkap dari soal yang dimasukkan , bahkan pembelajaran penyelesaian soal UN dapat dilakukan disini
Pembelajaran matematika dengan teknologi komputer merupakan salah satu cara yang sangat mudah, sederhana , penuh kreasi dalam mengerti dan memahami matematika. Bila metode ini diterapkan maka dalam waktu yang singkat siswa dapat memahami dan menguasai matematika bahkan tidak tertutup kemungkinan bagi anak yang rajin dapat lebih maju dari gurunya hal ini juga akan meringankan orang tua siswa untuk pengadaan buku-buku yang saat ini selalu berganti-ganti. Siswa cukup mengetahui materi – materi yang perlu dipelajari. Metode ini akan membuat siswa yang berbakat untuk membuat suatu kreasi yang baru yang dapat digunakan dalam suatu aplikasi matematika bahkan dapat berbicara dalam olympiade matematika seperti yang dicapai oleh siswa pada olympiade fisika, karena itu mari melakukan apa yang dapat dilakukan hari ini jangan tunda sampai hari esok.
Kata kunci : matematika, teknologi komputer
PENDAHULUAN
Kemajuan bangsa ditentukan dengan mutu pendidikan sedang mutu pendidikan dipengaruhi oleh mutu pengetahuan matematika karena dengan matematika kita dapat berbuat banyak seperti yang di utarakan oleh Roger Bacon ( 1214 – 1292 ) :
” Without mathematics the science cannot be understood, nor made clear, nor taught, nor learned. Mathematics is the door and key to the sciences “
Dengan teknologi komputer yaitu dengan adanya lab computer di sekolah saat ini sebenarnya sudah cukup untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang matematika, namun belum dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran matematika. Pemanfaatan lab computer baru sebatas sebagai menulis dalam word atau powerpoint dan sebagainya dan belum dimanfaatkan sebagai pembelajaran matematika.
Pada pembelajaran dengan computer , kita hanya melakukan beberapa hal misalnya dengan menulis fungsi kita dapat melihat gambar, animasi, penyelesaian , rumus dan sebagainya. Kita juga dapat melihat jawaban bahkan penyelesaian lengkap dari soal yang dimasukkan .
Pembelajaran matematika dengan teknologi computer merupakan salah satu cara yang sangat mudah, sederhana , penuh kreasi dalam mengerti dan memahami matematika. Bila metode ini diterapkan maka dalam waktu yang singkat siswa dapat memahami dan menguasai matematika bahkan tidak tertutup kemungkinan bagi anak yang rajin dapat lebih maju dari gurunya hal ini juga akan meringankan orang tua murid untuk pengadaan buku-buku yang saat ini selalu berganti-ganti. Siswa cukup mengetahui materi – materi yang perlu dipelajari. Metode ini akan membuat siswa yang berbakat untuk membuat suatu kreasi yang baru yang dapat digunakan dalam suatu aplikasi matematika bahkan dapat berbicara dalam olympiade matematika seperti yang dicapai oleh siswa pada olympiade fisika.
Untuk pengenalan metode ini diperlukan pelatihan di lab computer selama 1 sampai 2 hari seperti yang sekarang di lakukan di Jakarta untuk guru-guru matematika tingkat SMA.
Materi yang dapat diberikan dalam pelatihan ini meliputi :
1. Basic matematika antara lain :
a. Operasi matematika
b. Fungsi Aljabar, Fungsi exponensial, trigonometri
c. Fungsi Hyperbolis
d. Logaritma dan sebagainya
2. Aljabar antara lain :
a. penyelesaian persamaan
b. factor
c. expansi
d. grafik dan sebagainya
3. Calculus
a. Curva analisis
b. Fungsi rata-rata
c. Fungsi inverse
d. Derivative
e. Integral
f. Secant
g. Luas benda putar
h. Volume benda putar
4. Pre Calculus
a. Fungsi composisi
b. Irisan Kerucut
c. Garis singgung
d. Limit
e. Persamaan Garis
f. Polinomial
g. Fungsi rational
h. Fungsi Parameter
i. Ketidaksamaan
5. Aljabar Linear
a. Penyelesaian system persamaan
b. Matrix
c. Operasi Matrix
6. Geometry antara lain :
a. Mencari jarak
b. Panjang garis
c. Luas
d. Sudut
e. Volume dan sebagainya
7. Vektor
Operasi vektor
8. Penyelesaian beberapa bentuk UN,
a. Penyelesaian bentuk logaritma
b. Penyelesaian bentuk eksponen dan sebagainya.
9. Animasi :
a. Animasi Kurva
b. Garis
c. Luas
d. Volume
e. Animasi dalam powerpoint.
Beberapa contoh pelatihan :
Penyelesaian turunan
1
Luasan yang dibatasi y =x^2 dan y = x diputar mengelilingi Sb Y
2
Animasi benda putar
3
Luasan yg dibatas y = x^2 dan y=x diputar mengelilingi garis y = 1
4
Luasan yg dibatas y = x^2 dan y=x diputar mengelilingi garis x = 1
5
Luasan yg dibatas y = x^2 dan y=x diputar mengelilingi garis x = 1
6
Sistim persamaan
7
Penyelesaian sistim persamaan
8
Animasi volume
9
Irisan Kerucut
10
Animasi Parabola
11
Penyelesaian Persamaan
12
Quiz Aturan Sinus
13
Quiz Aturan Trigonometry
14
Garis Singgung pada Kurva
15
Analisis Kurva
16
” Without mathematics the science cannot be understood, nor made clear, nor taught, nor learned. Mathematics is the door and key to the sciences “
Mutu pendidikan saat ini yang selalu mendapat sorotan tajam bahkan sering didiskusikan lewat media cetak maupun elektronik pada umumnya dinyatakan sebagai tidak adanya peningkatan bahkan yang terjadi adalah kemunduran, ini berarti pula mutu pendidikan matematika juga tidak ada peningkatan. Pengalaman saya sebagai tenaga pengajar matematika di PT masih menemukan adanya tamatan SMA yang tidak mengerti dasar-dasar matematka yang diberikan di SMP bahkan SD sekalipun. Masih adanya tamatan SMA yang masuk Fak Teknik yang tidak mengerti apa yang dinamakan garis tinggi dalam suatu segitiga bahkan tidak mengetahui berapa besar jumlah sudut dalam suatu segitiga. Masih adanya tamatan SMA yang tidak dapat menyelesaikan persamaan kuadrat bahkan persamaan derajat satu sekalipun, ada juga yang menulis di papan tulis :
atau Bagaimana mengatasi hal yang demikian ? Apakah system yang berlaku perlu diubah, apakah mutu gurunya perlu ditingkatkan, apakah kurrikulum atau buku perlu diubah atau karena dana pendidikan yang belum mencapai 20% dari anggaran pemerintah ? Kita tahu semua bahwa saat ini siswa senang akan teknologi komputer karena itu disinilah saatnya memanfaatkan teknologi komputer untuk suatu sarana pembelajaran.
Dengan adanya lab computer di sekolah saat ini sebenarnya sudah cukup untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang matematika, namun belum dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran matematika. Pemanfaatan lab komputer baru sebatas sebagai menulis dalam word atau powerpoint dan sebagainya dan belum dimanfaatkan sebagai pembelajaran matematika. Pada pembelajaran dengan komputer , kita hanya melakukan beberapa hal misalnya dengan menulis fungsi kita dapat melihat gambar, animasi, penyelesaian , rumus dan sebagainya. Kita juga dapat melihat jawaban bahkan penyelesaian lengkap dari soal yang dimasukkan , bahkan pembelajaran penyelesaian soal UN dapat dilakukan disini
Pembelajaran matematika dengan teknologi komputer merupakan salah satu cara yang sangat mudah, sederhana , penuh kreasi dalam mengerti dan memahami matematika. Bila metode ini diterapkan maka dalam waktu yang singkat siswa dapat memahami dan menguasai matematika bahkan tidak tertutup kemungkinan bagi anak yang rajin dapat lebih maju dari gurunya hal ini juga akan meringankan orang tua siswa untuk pengadaan buku-buku yang saat ini selalu berganti-ganti. Siswa cukup mengetahui materi – materi yang perlu dipelajari. Metode ini akan membuat siswa yang berbakat untuk membuat suatu kreasi yang baru yang dapat digunakan dalam suatu aplikasi matematika bahkan dapat berbicara dalam olympiade matematika seperti yang dicapai oleh siswa pada olympiade fisika, karena itu mari melakukan apa yang dapat dilakukan hari ini jangan tunda sampai hari esok.
Kata kunci : matematika, teknologi komputer
PENDAHULUAN
Kemajuan bangsa ditentukan dengan mutu pendidikan sedang mutu pendidikan dipengaruhi oleh mutu pengetahuan matematika karena dengan matematika kita dapat berbuat banyak seperti yang di utarakan oleh Roger Bacon ( 1214 – 1292 ) :
” Without mathematics the science cannot be understood, nor made clear, nor taught, nor learned. Mathematics is the door and key to the sciences “
Dengan teknologi komputer yaitu dengan adanya lab computer di sekolah saat ini sebenarnya sudah cukup untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang matematika, namun belum dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran matematika. Pemanfaatan lab computer baru sebatas sebagai menulis dalam word atau powerpoint dan sebagainya dan belum dimanfaatkan sebagai pembelajaran matematika.
Pada pembelajaran dengan computer , kita hanya melakukan beberapa hal misalnya dengan menulis fungsi kita dapat melihat gambar, animasi, penyelesaian , rumus dan sebagainya. Kita juga dapat melihat jawaban bahkan penyelesaian lengkap dari soal yang dimasukkan .
Pembelajaran matematika dengan teknologi computer merupakan salah satu cara yang sangat mudah, sederhana , penuh kreasi dalam mengerti dan memahami matematika. Bila metode ini diterapkan maka dalam waktu yang singkat siswa dapat memahami dan menguasai matematika bahkan tidak tertutup kemungkinan bagi anak yang rajin dapat lebih maju dari gurunya hal ini juga akan meringankan orang tua murid untuk pengadaan buku-buku yang saat ini selalu berganti-ganti. Siswa cukup mengetahui materi – materi yang perlu dipelajari. Metode ini akan membuat siswa yang berbakat untuk membuat suatu kreasi yang baru yang dapat digunakan dalam suatu aplikasi matematika bahkan dapat berbicara dalam olympiade matematika seperti yang dicapai oleh siswa pada olympiade fisika.
Untuk pengenalan metode ini diperlukan pelatihan di lab computer selama 1 sampai 2 hari seperti yang sekarang di lakukan di Jakarta untuk guru-guru matematika tingkat SMA.
Materi yang dapat diberikan dalam pelatihan ini meliputi :
1. Basic matematika antara lain :
a. Operasi matematika
b. Fungsi Aljabar, Fungsi exponensial, trigonometri
c. Fungsi Hyperbolis
d. Logaritma dan sebagainya
2. Aljabar antara lain :
a. penyelesaian persamaan
b. factor
c. expansi
d. grafik dan sebagainya
3. Calculus
a. Curva analisis
b. Fungsi rata-rata
c. Fungsi inverse
d. Derivative
e. Integral
f. Secant
g. Luas benda putar
h. Volume benda putar
4. Pre Calculus
a. Fungsi composisi
b. Irisan Kerucut
c. Garis singgung
d. Limit
e. Persamaan Garis
f. Polinomial
g. Fungsi rational
h. Fungsi Parameter
i. Ketidaksamaan
5. Aljabar Linear
a. Penyelesaian system persamaan
b. Matrix
c. Operasi Matrix
6. Geometry antara lain :
a. Mencari jarak
b. Panjang garis
c. Luas
d. Sudut
e. Volume dan sebagainya
7. Vektor
Operasi vektor
8. Penyelesaian beberapa bentuk UN,
a. Penyelesaian bentuk logaritma
b. Penyelesaian bentuk eksponen dan sebagainya.
9. Animasi :
a. Animasi Kurva
b. Garis
c. Luas
d. Volume
e. Animasi dalam powerpoint.
Beberapa contoh pelatihan :
Penyelesaian turunan
1
Luasan yang dibatasi y =x^2 dan y = x diputar mengelilingi Sb Y
2
Animasi benda putar
3
Luasan yg dibatas y = x^2 dan y=x diputar mengelilingi garis y = 1
4
Luasan yg dibatas y = x^2 dan y=x diputar mengelilingi garis x = 1
5
Luasan yg dibatas y = x^2 dan y=x diputar mengelilingi garis x = 1
6
Sistim persamaan
7
Penyelesaian sistim persamaan
8
Animasi volume
9
Irisan Kerucut
10
Animasi Parabola
11
Penyelesaian Persamaan
12
Quiz Aturan Sinus
13
Quiz Aturan Trigonometry
14
Garis Singgung pada Kurva
15
Analisis Kurva
16
Tidak ada komentar:
Posting Komentar