Minggu, 24 Mei 2009

SIMPOSIUM NASIONAL 2009


I. Latar Belakang, Tema, dan Tujuan Simposium
A. Latar Belakang
Pesatnya perkembangan lingkungan lokal, regional, dan internasional saat ini berimplikasi terhadap penangananpenyelenggaraan pendidikan pada setiap jenjang pendidikan yang ada. Berkaitan dengan perkembangan tersebut, kebutuhan untuk memenuhi tuntutan meningkatkan mutu pendidikan sangat mendesak terutama dengan ketatnya kompetitif antar bangsa di dunia dalam saaat ini. Sehubungan dengan hal ini, paling sedikit ada tiga fokus utama yang perlu diatasi dalam penyelenggaraan pendidikan nasional, yaitu:
upaya peningkatan mutu pendidikan;
relevansi yang tinggi dalam penyelenggaraan pendidikan, dan
tata kelola pendidikan yang kuat.
Depdiknas menempatkan ketiga hal tersebut dalam rencana strategis pembangunan pendidikan nasional tahun 2004-2009, namun disadari bahwa ketiganya tetap mendesak dan relevan dalam penyelenggaraan pendidikan nasional pada waktu yang akan datang.
Atas dasar itu, Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan (Puslitjaknov) Balitbang Depdiknas dalam simposium nasional hasil penelitian pendidikan pada tahun 2009 mengangkat peningkatan mutu pendidikan, relevansi, dan penguatan tata kelola sebagai tema.
Simposium nasional penelitian dan inovasi pendidikan tahun 2009 merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Puslitjaknov Balitbang Depdiknas sebagai wahana dan wadah untuk menjaring informasi hasil penelitian, pengembangan, dan gagasan inovatif yang bermanfaat dalam memberikan bahan masukan bagi pengambilan kebijakan pendidikan nasional.
B. Tema
Peningkatan mutu, relevansi, dan tata kelola pendidikan nasional berdasarkan pemanfaatan hasil-hasil penelitian, pengembangan, dan gagasan inovatif pendidikan
C. Tujuan
1. Umum
Memperoleh bahan kebijakan pendidikan yang berbasis penelitian, pengembangan, dan gagasan inovatif gunamendukung peningkatan mutu, relevansi, dan tata kelola pendidikan nasional.
2. Khusus
Menjaring informasi berbasis penelitian, pengembangan, dan gagasan inovatif sebagai bahan penyusunan alternatif kebijakan pendidikan nasional;
Memperkuat jaringan kerjasama penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan;
Mempromosikan dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian, pengembangan, dan gagasan inovatif dari peneliti, pemerhati, praktisi, dan pakar pendidikan;
Mendorong kesadaran pentingnya penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan di daerah.
II. Peserta, Tempat dan Waktu Simposium
A. Peserta
Peneliti dari Lembaga Penelitian di Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian Pemerintah dan Swasta/ Lembaga SwadayaMasyarakat, Peneliti mandiri (dosen, guru), Pemerhati pendidikan, dan Lembaga/Badan-Badan Internasional dalamBidang Pendidikan.
B. Tempat dan Waktu
Tempat : Jakarta (tempat akan diinformasikan kemudian)
Waktu : 4 – 6 Agustus 2009 (tentative)
III. Materi Simposium
Materi simposium meliputi hasil-hasil penelitian, pengembangan, dan gagasan inovatif yang difokuskan padaupaya peningkatan mutu pendidikan dasar, mutu dan relevansi pendidikan menengah, serta penguatan tata kelolapenyelenggaraan pendidikan. Lingkup materi simposium mencakup antara lain:
Pendanaan Pendidikan,
Pendidik dan Tenaga Kependidikan,
Desentralisasi Pendidikan,
Mutu, Relevansi, dan Daya Saing Pendidikan, dan
Penguatan Tata Kelola Pendidikan.
Penelitian dan Pengembangan dimaksud dibatasi pada kegiatan yang dilaksanakan antara tahun 2006 s.d. 2009
Hasil simposium diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif bahan pengambilan kebijakan bagi pemangku kepentingan di tingkat pusat, daerah, maupun sekolah.
IV. Makalah dan Abstrak
A. Kriteria Penulisan Makalah dan Abstrak
Hasil penelitian terapan, pengembangan, dan pemikiran inovatif terkait dengan materi simposium (butir III).;
Makalah berisi antara 30 s.d. 40 halaman (tidak termasuk daftar pustaka dan lampiran), diketik dengan menggunakan MS Word for Windows, 1,5 (satu setengah) spasi, huruf jenis Times New Roman 12 pitch pada kertas ukuran A4.
Abstrak terdiri dari minimal 200 kata, maksimal 250 kata diketik dengan menggunakan MS Word for Windows, 1 (satu) spasi, huruf jenis Times New Roman 12 pitch pada kertas ukuran A4, dengan kata kunci maksimal 6 kata.
B. Sistematika Makalah
Judul
Daftar Isi
Pendahuluan (Maksimal 10 persen dari makalah)
Untuk hasil penelitian dan pengembangan: masalah dan arti pentingnya hasil penelitian/pengembangan pendidikan, tujuan, lingkup, metode.
Untuk hasil pemikiran; setidaknya memuat masalah dan arti penting pemecahan masalah
Kajian Teori (10 persen dari makalah)
Hasil dan Pembahasan (65 persen dari makalah)
Mendeskripsikan hasil penelitian/pengembangan/pemikiran dan pembahasan.
Simpulan dan Saran (proporsi 15 persen dari abstrak/makalah)
Simpulan dan saran konsisten dengan rumusan masalah dan tujuan. Saran disampaikan secara operasional dan jelas pihak pengambil kebijakan yang diberi saran.
Daftar Pustaka (Hanya memuat terbitan yang dijadikan rujukan).
Lampiran (apabila diperlukan)
C. Penulisan Abstrak
Abstrak memuat ringkasan (maksimum 250 kata) yang berisikan permasalahan dan tujuan, metode, temuan, danusulan kebijakan.
D. Mekanisme Seleksi Penetapan Makalah
Seleksi dilakukan untuk menilai abstrak dan hasil lengkap penelitian yang tepat sesuai dengan kriteria penulisan dan hasil penelitian serta manfaatnya bagi kebijakan pendidikan. Makalah yang lolos seleksi dikelompokkan menjadi makalah yang disajikan dan makalah yang dipamerkan (poster session).
1.Penerimaan makalah
Penerimaan makalah dari calon peserta melalui e-mail: http://edywihardjo.blog.unej.ac.id/2009/05/20/simposium-nasional/simposium2009@puslitjaknov.org
2.Seleksi makalah
• Hasil seleksi menentukan status makalah:
diterima tanpa perbaikan,
diterima dengan saran perbaikan, dan
tidak diterima
Makalah yang diterima dengan saran perbaikan, dikembalikan kepada penulisnya untuk diperbaiki. Apabila makalah hasil perbaikan tidak diterima oleh panitia sampai batas waktu yang ditentukan maka makalah tidak disajikan dalam simposium. Makalah yang tidak diperbaiki tetapi dianggap baik oleh panitia akan dipamerkan dalam bentuk poster session.
Pemberitahuan hasil seleksi dilakukan melalui e-mail dan pengumuman pada website
3.Penetapan Makalah dan Abstrak
Makalah dengan abstrak dari para calon peserta dikirim melalui e-mail dan diterima panitia paling lambat 25 Mei2009 untuk kemudian diikutkan dalam seleksi. Pemberitahuan hasil seleksi disampaikan melalui e-mail (lihat butir E).
4.Undangan bagi Pemakalah yang Lolos Seleksi
•Bagi (i) makalah yang lolos tanpa perbaikan dan (ii) makalah yang perlu perbaikan dan perbaikannya telah diterima panitia sesuai dengan batas waktu, penulisnya diundang untuk menyajikan dalam simposium dengan biaya panitia (untuk satu orang).
E. Penyampaian Abstrak dan Makalah serta Pengumuman25 Mei 2009 : Batas waktu penerimaan makalah danabstraknya oleh panitia untuk diseleksi
26 Mei-1 Juni 2009 : Proses seleksi
2 Juni 2009 : Pemberitahuan makalah dan abstrak yang diterima tanpa perbaikan, diterima dengan perbaikan, dan tidak diterima, melalui website 30 Juni 2009 : Batas waktu penyerahan power point (bagi makalah tanpa perbaikan);abstrak , makalah dan power point (bagi makalah yang diperbaiki), serta konfirmasi keikutsertaan pemakalah dan non pemakalah, yang diterima panitia melalui e-mail 10 Juli 2009 : Pengumuman makalah yang disajikan dalam simposium serta undangan bagi pemakalah yang lolos seleksi melalui website
V. Pembiayaan
Biaya peserta simposium:
1. Bagi pemakalah dari dalam negeri, biaya perjalanan dan akomodasi yang ditanggung panitia hanya untuk 1 (satu)orang;2. Bagi pemakalah dari luar negeri, biaya perjalanan dan akomodasi ditanggung sendiri;
VI. Lain – lain
Jika ada hal-hal yang dirasa belum jelas, dapat ditanyakan pada panitia penyelenggara melalui contact person di atas.Penyelenggara
Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan(Puslitjaknov), Balitbang DepdiknasAlamat :Panitia Simposium 2009Puslitjaknov BalitbangDepdiknas, Gedung E Lantai 19Telp. 021 – 573 6365; Fax 021 – 574 1664E-mail : simposium2009@puslitjaknov.orgWebsite : www.puslitjaknov.org
Contact Person1. Dr.Idris H.M.Noor, M.Ed (0813 147 84555)2. Drs. Labuhan Marpaung, M.Si (0813 114 55931)3. Dra. Srie Peryati Soeratno.W, MA (0812 915 3875)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SELAMAT DATANG DI BLOG FORUM ILMIAH GURU KAB. BATANG

Alasan saya membuka blog ini , selain tugas saya sebagai sekbid.pengembangan profesi di Forum Ilmiah Guru adalah juga sebagai salah satu wahana untuk sharing komunikasi tentang kegiatan ilmiah guru yang berkaitan langsung dengan upaya peningkatan mutu pendidikan di kabupaten Batang. Mulai dari pembicaraan bagaimana pembelajaran berkualitas dilaksanakan, kegiatan MGMP dan Lesson Study, sampai pada bagaimana seharusnya guru membuat Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Baik berupa Artikel, Makalah, KTI, dan sebagainya. Dalam blog ini rencana akan saya sajikan semua Naskah PTK hasil LKTI pada kegiatan Forum Ilmiah Guru Tahun 2007 dan 2008. Demikian juga untuk kegiatan-kegiatan lain seperti Lomba Inovasi Pembelajaran, Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran, Lomba Pembelajaran Berbantuan Komputer, dan kegiatan-kegiatan lainnya baik yang di adakan Depdiknas, LPMP, ITSF, dan pihak-pihak penyandang dana penelitian/penggagas lomba lainnya. Saya optimis bahwa sangatlah mungkin guru-guru di kabupaten Batang nantinya mampu berkompetensi dalam kegiatan Ilmiah. Terbukti selama dua tahun mengadakan FIG, wakil dari Batang mampu menyumbang nama harun bagi Pemerintah Kab. Batang. Peserta dari Batang banyak yang memperoleh kejuaraan di tingkat Propinsi. Semua berkat kerja sama dan kinerja yang optimal dari guru dan pengurus FIG Kab. Batang. Trimakasih anda ikut berkarya, mari kita bangun Batang tercinta ini.