Kamis, 16 April 2009

Visualisasi Realistik Sebagai Strategi Pembelajaran Pemahaman Konsep Matematika Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII-B Di SMP Negeri 4

ABSTRAK

Retnaningsih, Trianti. 2008. Penelitian Tindakan Kelas Matematika.

Kata Kunci : visualisasi realistik sebagai strategi pembelajaran, pemahaman konsep matematika, prestasi belajar siswa.

Persoalan pelik yang sering muncul dalam pembelajaran matematika di SMPN 4 Jombang adalah rendahnya motivasi belajar, kurang kreatif, cepat bosan, sering jenuh, tegang saat mengikuti pelajaran, meningkatnya jumlah siswa keluar kelas, tingginya persentase siswa yang tidak menyelesaikan pekerjaan rumah. Hal ini selain disebabkan karakteristik matematika yang abstrak, berhirarkhi dan sulit dipahami, juga akibat strategi mengajar yang diterapkan guru cenderung monoton, kurang menyenangkan dan membosankan bagi siswa, sehingga pembelajaran menjadi tidak efektif dan berdampak rendahnya capaian hasil belajar.
Penelitian tindakan kelas yang menerapkan visualisasi realistik sebagai strategi pembelajaran adalah merupakan upaya untuk mengatasi sebagian masalah tersebut.
Prosedur penelitian adalah dengan menampilkan/menunjukkan gambar-gambar yang nyata dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat menanamkan pemahaman konsep pada siswa. Visualisasi realistik yang digunakan sebagai instrumen perlakuan diperoleh dari keadaan disekeliling kita yang kemudian diseleksi melalui uji coba. Data mengenai reaksi siswa dikumpulkan melalui catatan pengamatan kemudian diperkuat dengan penyebaran angket kepada siswa dan data prestasi belajar diperoleh melalui tes. Teknik analisa data menggunakan perhitungan “mean score”.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa visualisasi realistik sebagai strategi pembelajaran dapat memancing siswa untuk lebih konsentrasi bersama-sama di dalam kelas. Hasil analisis data didapat pada siklus I dan siklus II adalah(1) nilai rata-rata siklus I 77,56, pada siklus II 84,10 ada peningkatan 6,54, (2) persentase tingkat ketuntasan pada siklus I 82,05% dan pada siklus II 94,87% terjadi kenaikan ketuntasan belajar 12,82%. Analisis angket tentang penggunaan media visualisasi realistik adalah (1) mampu menarik minat siswa, (2) mengatasi keterbatasan informasi siswa, (3) dapat meningkatkan pemahaman/penalaran siswa. Dengan demikian kegiatan belajar mengajar menggunakan strategi pembelajaran visualisasi realistik dapat menanamkan pemahaman konsep dan berdampak positif terhadap peningkatan prestasi belajar.
Strategi pembelajaran dengan media visualisasi realistik dapat digunakan ke dalam pelbagai lingkungan sekolah karena mudah didapat, dipahami dan diterapkan.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi para guru dan peneliti lain dalam melaksankan tugas pembelajaran maupun dalam penelitian lanjutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SELAMAT DATANG DI BLOG FORUM ILMIAH GURU KAB. BATANG

Alasan saya membuka blog ini , selain tugas saya sebagai sekbid.pengembangan profesi di Forum Ilmiah Guru adalah juga sebagai salah satu wahana untuk sharing komunikasi tentang kegiatan ilmiah guru yang berkaitan langsung dengan upaya peningkatan mutu pendidikan di kabupaten Batang. Mulai dari pembicaraan bagaimana pembelajaran berkualitas dilaksanakan, kegiatan MGMP dan Lesson Study, sampai pada bagaimana seharusnya guru membuat Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Baik berupa Artikel, Makalah, KTI, dan sebagainya. Dalam blog ini rencana akan saya sajikan semua Naskah PTK hasil LKTI pada kegiatan Forum Ilmiah Guru Tahun 2007 dan 2008. Demikian juga untuk kegiatan-kegiatan lain seperti Lomba Inovasi Pembelajaran, Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran, Lomba Pembelajaran Berbantuan Komputer, dan kegiatan-kegiatan lainnya baik yang di adakan Depdiknas, LPMP, ITSF, dan pihak-pihak penyandang dana penelitian/penggagas lomba lainnya. Saya optimis bahwa sangatlah mungkin guru-guru di kabupaten Batang nantinya mampu berkompetensi dalam kegiatan Ilmiah. Terbukti selama dua tahun mengadakan FIG, wakil dari Batang mampu menyumbang nama harun bagi Pemerintah Kab. Batang. Peserta dari Batang banyak yang memperoleh kejuaraan di tingkat Propinsi. Semua berkat kerja sama dan kinerja yang optimal dari guru dan pengurus FIG Kab. Batang. Trimakasih anda ikut berkarya, mari kita bangun Batang tercinta ini.