Kamis, 16 April 2009

TEKNIK CREATIVE KINESTHETIC DENGAN CD BEKAS

ABSTRAKSI
Oleh: MARSONO, S.Pd
Hasil belajar matematika di SMP Negeri 1 Karangkobar masih bermasalah. Hal ini ditunjukkan hasil ujian nasional tahun pelajaran 2006/2007 mata pelajaran matematika 27,06% masih dibawah 6,0 dan siswa yang tidak lulus semua disebabkan nilai matematika. Salah satu penyebabnya pembelajaran matematika masih bersifat pemberian informasi belum belum memperhatikan kemampuan atau modalitas yang dimiliki siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti melakukan pembelajaran dengan menggunakan teknik creative kinesthetic dengan CD bekas dan kertas lipat ( Floding Paper ) dalam materi lingkaran.
Peneltian menggunakan metode penelitian tindakan kelas ( PTK ) terdiri 2 siklus. Tujuan umum penelitian ini adalah meningkatkan hasil dan kualitas pembelajaran matematika. Tujuan khusus penelitian ini adalah 1) meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran lingkaran melalui teknik creative kinesthetic dengan CD bekas dan Floding Paper, 2) meningkatkan keaktifan siswa , 3) menambah kevariatifan penggunaan teknik pembelajaran lingkaran.
Penelitian dilaksanakan pada bulan Pebruari 2008 pada kelas VIIIC SMP Negeri 1 Karangkobar tahun pelajaran 2007/2008. Penelitian tentang pembelajaran dengan menggunakan teknik creative kinesthetic dengan CD bekas dan kertas lipat ( Floding Paper ) dalam materi lingkaran telah menghasilkan : 1) teknik creative kinesthetic dengan CD bekas dan kertas lipat ( Floding Paper ) dapat meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5,3 dari 68,0 menjadi 73,3 , 2) dapat meningkatkan keaktifan siswa antara lain 100% melakukan komunikasi/ diskusi dengan teman, 89,7% siswa melakukan gerakan kreatif dan 79,9% siswa berupaya mencari buku sumber.,dan 3) berpengaruh positif kepada siswa rata-rata 89,3% ( Amat Baik ) terhadap pembelajaran matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SELAMAT DATANG DI BLOG FORUM ILMIAH GURU KAB. BATANG

Alasan saya membuka blog ini , selain tugas saya sebagai sekbid.pengembangan profesi di Forum Ilmiah Guru adalah juga sebagai salah satu wahana untuk sharing komunikasi tentang kegiatan ilmiah guru yang berkaitan langsung dengan upaya peningkatan mutu pendidikan di kabupaten Batang. Mulai dari pembicaraan bagaimana pembelajaran berkualitas dilaksanakan, kegiatan MGMP dan Lesson Study, sampai pada bagaimana seharusnya guru membuat Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Baik berupa Artikel, Makalah, KTI, dan sebagainya. Dalam blog ini rencana akan saya sajikan semua Naskah PTK hasil LKTI pada kegiatan Forum Ilmiah Guru Tahun 2007 dan 2008. Demikian juga untuk kegiatan-kegiatan lain seperti Lomba Inovasi Pembelajaran, Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran, Lomba Pembelajaran Berbantuan Komputer, dan kegiatan-kegiatan lainnya baik yang di adakan Depdiknas, LPMP, ITSF, dan pihak-pihak penyandang dana penelitian/penggagas lomba lainnya. Saya optimis bahwa sangatlah mungkin guru-guru di kabupaten Batang nantinya mampu berkompetensi dalam kegiatan Ilmiah. Terbukti selama dua tahun mengadakan FIG, wakil dari Batang mampu menyumbang nama harun bagi Pemerintah Kab. Batang. Peserta dari Batang banyak yang memperoleh kejuaraan di tingkat Propinsi. Semua berkat kerja sama dan kinerja yang optimal dari guru dan pengurus FIG Kab. Batang. Trimakasih anda ikut berkarya, mari kita bangun Batang tercinta ini.