ABSTRAKSI
Oleh: MARSONO, S.Pd
Hasil belajar matematika di SMP Negeri 1 Karangkobar masih bermasalah. Hal ini ditunjukkan hasil ujian nasional tahun pelajaran 2006/2007 mata pelajaran matematika 27,06% masih dibawah 6,0 dan siswa yang tidak lulus semua disebabkan nilai matematika. Salah satu penyebabnya pembelajaran matematika masih bersifat pemberian informasi belum belum memperhatikan kemampuan atau modalitas yang dimiliki siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti melakukan pembelajaran dengan menggunakan teknik creative kinesthetic dengan CD bekas dan kertas lipat ( Floding Paper ) dalam materi lingkaran.
Peneltian menggunakan metode penelitian tindakan kelas ( PTK ) terdiri 2 siklus. Tujuan umum penelitian ini adalah meningkatkan hasil dan kualitas pembelajaran matematika. Tujuan khusus penelitian ini adalah 1) meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran lingkaran melalui teknik creative kinesthetic dengan CD bekas dan Floding Paper, 2) meningkatkan keaktifan siswa , 3) menambah kevariatifan penggunaan teknik pembelajaran lingkaran.
Penelitian dilaksanakan pada bulan Pebruari 2008 pada kelas VIIIC SMP Negeri 1 Karangkobar tahun pelajaran 2007/2008. Penelitian tentang pembelajaran dengan menggunakan teknik creative kinesthetic dengan CD bekas dan kertas lipat ( Floding Paper ) dalam materi lingkaran telah menghasilkan : 1) teknik creative kinesthetic dengan CD bekas dan kertas lipat ( Floding Paper ) dapat meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5,3 dari 68,0 menjadi 73,3 , 2) dapat meningkatkan keaktifan siswa antara lain 100% melakukan komunikasi/ diskusi dengan teman, 89,7% siswa melakukan gerakan kreatif dan 79,9% siswa berupaya mencari buku sumber.,dan 3) berpengaruh positif kepada siswa rata-rata 89,3% ( Amat Baik ) terhadap pembelajaran matematika.
Oleh: MARSONO, S.Pd
Hasil belajar matematika di SMP Negeri 1 Karangkobar masih bermasalah. Hal ini ditunjukkan hasil ujian nasional tahun pelajaran 2006/2007 mata pelajaran matematika 27,06% masih dibawah 6,0 dan siswa yang tidak lulus semua disebabkan nilai matematika. Salah satu penyebabnya pembelajaran matematika masih bersifat pemberian informasi belum belum memperhatikan kemampuan atau modalitas yang dimiliki siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti melakukan pembelajaran dengan menggunakan teknik creative kinesthetic dengan CD bekas dan kertas lipat ( Floding Paper ) dalam materi lingkaran.
Peneltian menggunakan metode penelitian tindakan kelas ( PTK ) terdiri 2 siklus. Tujuan umum penelitian ini adalah meningkatkan hasil dan kualitas pembelajaran matematika. Tujuan khusus penelitian ini adalah 1) meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran lingkaran melalui teknik creative kinesthetic dengan CD bekas dan Floding Paper, 2) meningkatkan keaktifan siswa , 3) menambah kevariatifan penggunaan teknik pembelajaran lingkaran.
Penelitian dilaksanakan pada bulan Pebruari 2008 pada kelas VIIIC SMP Negeri 1 Karangkobar tahun pelajaran 2007/2008. Penelitian tentang pembelajaran dengan menggunakan teknik creative kinesthetic dengan CD bekas dan kertas lipat ( Floding Paper ) dalam materi lingkaran telah menghasilkan : 1) teknik creative kinesthetic dengan CD bekas dan kertas lipat ( Floding Paper ) dapat meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5,3 dari 68,0 menjadi 73,3 , 2) dapat meningkatkan keaktifan siswa antara lain 100% melakukan komunikasi/ diskusi dengan teman, 89,7% siswa melakukan gerakan kreatif dan 79,9% siswa berupaya mencari buku sumber.,dan 3) berpengaruh positif kepada siswa rata-rata 89,3% ( Amat Baik ) terhadap pembelajaran matematika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar