ABSTRAK
Oleh:Wiharno, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dalam bahasa inggris siswa kelas VII RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) di SMP Negeri 1 Bantul dengan menggunakan Inquiry Student Worksheet.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Bantul yang berjumlah 27 siswa terdiri dari 12 laki-laki dan 15 perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif antara guru mata pelajaran matematika dan kolaborator. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara siswa, task, serta tes tertulis.
Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing dengan menggunakan Student Worksheet mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika dalam bahasa inggris siswa kelas VII RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) di SMP Negeri 1 Bantul. Hal ini ditandai dengan: (1) nilai rata-rata kelas meningkat dari siklus I sebesar 85,74 ke siklus II sebesar 85,89, (2) persentase indikator pemahaman konsep matematika siswa meningkat dari siklus I sebesar 89,33% ke siklus II sebesar 92,86%, serta (3) ketuntasan belajar siswa dalam satu kelas telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar minimal. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 96,30%, dan pada siklus II sebesar 85,19%. Data hasil observasi juga menunjukkan bahwa daya analisis dan kreatifitas siswa selama pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II. Siswa telah mampu menarik kesimpulan dari suatu pokok bahasan dengan benar, dan mampu menjelaskan hasil penemuan mereka dengan baik dan benar pula. Siswa juga semakin antusias dalam mengikuti proses pembelajaran matematika di kelas, karena suasana pembelajaran banyak melibatkan aktivitas siswa secara mandiri. Berdasarkan hasil wawancara siswa diperoleh kesimpulan bahwa sebagian besar siswa menyukai pembelajaran matematika dengan menggunakan Student Worksheet.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dalam bahasa inggris siswa kelas VII RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) di SMP Negeri 1 Bantul dengan menggunakan Inquiry Student Worksheet.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Bantul yang berjumlah 27 siswa terdiri dari 12 laki-laki dan 15 perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif antara guru mata pelajaran matematika dan kolaborator. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara siswa, task, serta tes tertulis.
Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing dengan menggunakan Student Worksheet mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika dalam bahasa inggris siswa kelas VII RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) di SMP Negeri 1 Bantul. Hal ini ditandai dengan: (1) nilai rata-rata kelas meningkat dari siklus I sebesar 85,74 ke siklus II sebesar 85,89, (2) persentase indikator pemahaman konsep matematika siswa meningkat dari siklus I sebesar 89,33% ke siklus II sebesar 92,86%, serta (3) ketuntasan belajar siswa dalam satu kelas telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar minimal. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 96,30%, dan pada siklus II sebesar 85,19%. Data hasil observasi juga menunjukkan bahwa daya analisis dan kreatifitas siswa selama pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II. Siswa telah mampu menarik kesimpulan dari suatu pokok bahasan dengan benar, dan mampu menjelaskan hasil penemuan mereka dengan baik dan benar pula. Siswa juga semakin antusias dalam mengikuti proses pembelajaran matematika di kelas, karena suasana pembelajaran banyak melibatkan aktivitas siswa secara mandiri. Berdasarkan hasil wawancara siswa diperoleh kesimpulan bahwa sebagian besar siswa menyukai pembelajaran matematika dengan menggunakan Student Worksheet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar